Cara Membuat Paspor Online 2020, Tanpa Harus Antri

Paspor Online

Berencana bepergian ke luar negeri? Tapi, masalahnya Anda belum memiliki paspor? Tak perlu khawatir, sebab kami akan membagikan cara bikin paspor online 2020 yang mudah, tanpa harus mengantri. Ayo simak tips berikut !

Idealnya, paspor harus dibuat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Alasannya, paspor akan menjadi dokumen penting yang nanti berfungsi sebagai kartu identitas Anda sebagai warga negara Indonesia. Umumnya, paspor berlaku selama 5 tahun dan hanya bisa diperpanjang apabila sudah memasuki masa kurang dari 6 bulan sebelum masa berlakunya berakhir.

Apa Itu Paspor Online?

Secara umum, pengertian paspor adalah identitas bagi warga negara yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor yang dibuatnya bisa digunakan hingga berkali-kali, asalkan masa berlakunya masih ada. Lalu, sebenarnya apa paspor online itu? Seperti namanya, yang dimaksud online di sini yakni pemohon pembuat paspor hanya bisa mengajukan pembuatan paspor lewat online.

Anda sebagai pembuat paspor hanya akan mengambil nomor antrian saja. Untuk langkah selanjutnya Anda tetap harus menyelesaikannya di kantor imigrasi terdekat. Dengan melakukan pengajuan antrian pembuatan paspor via online, setidaknya yang demikian sedikit membantu karena Anda bisa menghemat waktu. Tentu saja hal tersebut jauh lebih baik dibanding dengan harus mengantri langsung di kantor imigrasi terdekat yang bisa saja antreannya sudah sangat banyak.

Jadi, buat Anda yang baru pertama kali membuat atau mengurus paspor tak perlu khawatir lagi. Sebab sekarang membuat paspor baru atau bahkan mengurus perpanjang paspor lama terbilang mudah dan tidak terlalu ribet seperti dulu. Apalagi sekarang sistem permohonan pembuatan paspor sudah semakin maju. Jika dulu Anda harus datang dini hari untuk mengantri, dengan sistem daftar paspor online tentunya menjadi lebih mudah, praktis, dan hemat waktu.

 

Persyaratan & Cara Pembuatan

Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai cara membuat paspor online 2020, sebaiknya ketahui terlebih dulu persyaratan yang dibutuhkan untuk Anda persiapkan ketika akan membuat paspor. Berikut adalah rincian dokumen untuk syarat bikin paspornya.

  1. e-KTP asli + fotokopinya
  2. KK (Kartu Keluarga) asli + fotokopinya
  3. Akta kelahiran
  4. Ijazah SD/SMP/SMA, buku nikah (buat yang sudah menikah), atau surat baptis asli + fotokopinya. Khususnya untuk dokumen ini pilih salah satunya saja, tetapi pastikan pada dokumen yang dipilih tersebut terdapat informasi tentang nama, tempat dan tanggal lahir, serta nama orangtua
  5. Materai 6000

Apabila Anda sudah pernah atau memiliki paspor, tetapi berencana membuat paspor baru untuk anak, jangn lupa untuk membawa paspor asli yang Anda miliki, lengkap dengan buku nikah. Oh iya, penting untuk Anda tahu juga bahwa pembuatan paspor ini wajib menggunakan e-KTP asli. Apabila e-KTP yang Anda miliki ternyata sudah diurus tetapi belum diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Anda perlu membawa surat rekomendasi dari DISDUKCAPIL.

 

Berikut adalah cara bikin paspor online 2020 yang harus Anda tahu.

  1. Pertama, silakan Anda download dan install aplikasi yang dibutuhkan untuk bikin paspor, yakni aplikasi Antrian Paspor Online.
  2. Jika sudah, isi identitas yang ditanyakan untuk melakukan pendaftaran.
  3. Apabila berhasil terdaftar, maka Anda akan mendapatkan email verifikasi yang dikirimkan melalui email yang sudah didaftarkan. Jadi, pastikan email yang Anda gunakan mendaftarkan adalah email yang aktif.
  4. Lakukan Login ke dalam aplikasi menggunakan akun yang sudah terverifikasi.
  5. Kemudian, pilih kantor imigrasi terdekat dari tempat tinggal Anda.
  6. Isi selengkap-lengkapnya data permohonan untuk mengantri paspor (tanggal rencana pengurusan atau pembuatan paspor).
  7. Agar data yang Anda isi lebih akurat, cek kembali jadwal antri yang telah diajukan, apa benar sudah disetujui atau masih belum.
  8. Apabila Anda sudah selesai melakukan beberapa langkah tersebut, silakan datang ke kantor imigrasi terdekat sesuai jadwal yang tertera.
  9. Di kantor imigrasi inilah Anda bisa menunjukkan Barcode kepada petugas dan menunggu sampai mendapat nomor urut panggilan.
  10. Apabila nomor urut Anda sudah dipanggil, silakan serahkan dokumen yang telah Anda persiapkan tadi dan lakukan pembayaran.

 

Paspor Online vs Offline

Pembuatan paspor online memang memberikan banyak sekali keuntungan, selain lebih praktis juga hemat waktu. Namun meskipun demikian, masih saja ada masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan permohonan pembuatan paspor secara manual, yakni dengan mengambil nomor antrian langsung ke kantor imigrasi terdekat. Itu artinya Anda harus bersiap berdiri mengular antrian sejak subuh hingga kantor dibuka pada pukul 8 pagi.

Bayangkan saja, jika nomor antrian yang disebar ternyata sudah habis, selain harus menelan kekecewaan Anda juga harus mengulang kembali untuk mengambil nomor antrian di esok harinya. Perlu Anda tahu, bahwa di setiap harinya antrian manual dibatasi mulai dari 100 – 200 orang, tergantung dari seberapa besarnya kantor imigrasi di kota Anda.

Untungnya, sejak hadirnya paspor online ternyata sangat membantu dan menghemat waktu. Namun perlu dicatat, Anda tetap harus hadir langsung ke kantor imigrasi untuk melakukan proses berikutnya, yakni melakukan verifikasi berkas atau dokumen, wawancara, pengambilan sidik jari, foto, hingga proses selesai.

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa pembuatan paspor online terbilang mudah, karena Anda bisa melakukan permohonan pembuatan paspor dari mana saja, yang terpenting yakni akses internet. Keuntungan paspor online lainnya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena harus menggunakan jasa calo. Jadi, sebaiknya Anda mengurus sendiri secara online.

 

Keuntungan Lain Paspor Online

Proses lebih cepat, karena ada kaitannya dengan proses pengambilan foto dan wawancara yang sudah pasti harus dilakukan setelah berkas permohonan Anda disetujui. Waktu pengerjaan cepat dibanding dengan pengajuan paspor langsung ke kantor imigrasi.

Di beberapa wilayah tertentu, seperti Surabaya dan Jakarta ternyata pemohon paspor online juga bisa melakukan foto dan wawancara disaat hari yang sama dengan ketika Anda mengajukan berkas permohonan. Tetapi, jika di tempat lain biasanya proses wawancara dan foto dilakukan di esok harinya setelah proses pengajuan dilakukan.

Proses ini bisa dibilang jauh lebih cepat dibanding dengan mengajukan secara manual atau offline yang terkadang mengharuskan Anda untuk menunggu hingga 4 – 5 hari untuk melakukan proses foto dan wawancara.

 

Paspor Umrah

Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah bagi seluruh umat muslim. Ibadah ini sering kali disebut dengan haji kecil. Disaat menunggu antrian ibadah haji yang biasanya akan berlangsung cukup lama karena sistem kuota yang diberlakukan, umrah pun menjadi alternatif. Perbedaan antara ibadah umrah dan haji pun terletak pada waktu serta tempat pelaksanaannya.

Sebagai warga negara, sebagai salah satu syarat ketika akan menunaikan ibadah umrah adalah memiliki paspor. Paspor umrah menjadi dokumen penting yang wajib dimiliki setiap jamaah umrah. Meskipun biasanya proses keberangkatan sudah diatur sepenuhnya oleh agen travel, Anda tetap bisa mengurus paspor umrah sendiri di kantor imigrasi langsung atau secara online.

 

Demikian artikel cara membuat paspor online by tripjuara.id
Ingi berwisata domestik & internasional ? silahkan klik disini
Kunjungi terus Blog ini untuk terus memdapatkan informasi menarik seputar pariwisata domestik dan internasional.

One thought on “Cara Membuat Paspor Online 2020, Tanpa Harus Antri

  1. Pingback:10 Bali Baru Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *