Cara Membuat Visa Schengen di Medan, Surabaya, Jakarta dll

Budapest

 

Mau liburan ke Eropa? Jangan lupa, siapkan visa Schengen-mu! Menjadi salah satu dokumen penting ketika Anda akan menjelajah di 26 negara yang ada di Eropa, buat Anda yang tinggal di Medan, Surabaya, Jakarta, dll sebenarnya cara membuat visa Schengen mudah sekali. Simak panduannya di bawah ini.

Ya, sebelum Anda terbang ke Eropa, membuat visa Schengen memang menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Ada banyak jenis visa Schengen untuk jangka pendek yang bisa dibuat, beberapa diantaranya sebagai berikut.

  1. Visa transit.
  2. Bisnis.
  3. Pariwisata
  4. Kunjungan Resmi
  5. Mengunjungi keluarga, kerabat, atau teman
  6. Kegiatan budaya dan olahraga
  7. Penelitian
  8. Untuk alasan medis (Kesehatan)

 

Cara Membuat Visa Schengen di Medan, Surabaya, Jakarta dll

Apa Itu Visa Schenghen?

Sudah menjadi rahasia umum kalau Yunani, Swiss, Jerman, Islandia, dan Perancis menawarkan berbagai destinasi menarik yang memanjakan mata. Buat Anda yang tertarik untuk menjelajah negara Eropa maka Anda harus memiliki visa Schengen. Tak perlu khawatir, sebab cara membuat visa Schengen ini terbilang mudah.

Pengertian visa Schengen secara umum adalah visa yang digunakan untuk melakukan kunjungan singkat, baik itu bagi traveler atau pun pebisnis, yang akan mengunjungi suatu negara. Pada dasarnya visa Schengen tersebut dihadirkan dari buah perjanjian antara Schengen yang secara resmi diteken oleh sejumlah negara Eropa di tahun 1985 silam di Schengen, Luxemburg.

Dimana isi dari perjanjiannya tersebut adalah menghapus pengawasan perbatasan antara negara. Setidaknya ada sekitar 26 negara yang berada di kawasan Schengen, diantaranya sebagai berikut.

26 Negara Kawasan Schengen

  1. Perancis
  2. Denmark
  3. Austria
  4. Belgia
  5. Republik Ceko
  6. Estonia
  7. Finlandia
  8. Jerman
  9. Yunani
  10. Hongaria
  11. Italia
  12. Liechtenstein
  13. Latvia
  14. Islandia
  15. Swiss
  16. Swedia
  17. Lithuania
  18. Luksemburg
  19. Malta
  20. Polandia
  21. Norwegia
  22. Belanda
  23. Portugal
  24. Slovakia
  25. Slovenia
  26. Spanyol

Sebagai pemegang visa Schengen Anda bisa bebas berkeliling, atau menjelajah salah satu negara yang kami sebutkan di atas. Untuk jangka waktunya sendiri maksimum selama 90 hari, dalam waktu 180 hari atau 6 bulan. Makanya visa Schengen ini memang dibuat untuk tujuan wisata dan bisnis.

Itu artinya, jika Anda ingin meneruskan pendidikan, bekerja, atau bahkan tinggal permanen di beberapa negara yang kami sebutan, pasti saja durasinya lebih dari 90 hari sehingga visa Schengen tidak berlaku. Anda harus mengajukan permohonan visa nasional ke negara Eropa.

Disamping itu, jenis visa yang memiliki peran penting ketika akan terbang ke Eropa tersebut sebenarnya ada dua macam yang perlu Anda ketahui, yakni :

  1. Visa Sekali Masuk – Single Entry. Ini adalah jenis visa yang digunakan untuk masuk ke negara Schengen satu kali. Jadi, apabila Anda sudah keluar dari negara tersebut, maka visa yang Anda miliki tidak bisa digunakan lagi.
  2. Visa Masuk Ganda – Multiple Entry. Lain halnya dengan jenis visa satu ini, Anda bisa bolak balik di negara Schengen atau non-Schengen. Tetapi dengan syarat, Anda harus tetap mengikuti ketentuan atau aturan izin tinggal yang hanya berlaku hingga 90 hari. Namun meskipun demikian, jenis visa Multiple Entry ini juga ada yang untuk durasi 1, 3, dan 5 tahun.

 

Alamat Konjen Eropa di Berbagai Daerah Indonesia

Berikut adalah pengajuan visa Schengen untuk beberapa negara di Eropa yang termasuk dalam wilayah Schengen di Indonesia.

Negara Tujuan Pertama :

  1. Austria
  2. Belgia
  3. Denmark
  4. Austria
  5. Finlandia
  6. Islandia
  7. Italia
  8. Swedia
  9. Kroasia
  10. Norwegia
  11. Spanyol

Untuk beberapa negara tersebut Anda bisa mengajukan pembuatan visa Schengen di beberapa alamat berikut ini.

  1. VFS Global Jakarta yang ada di Kuningan City Mall Lt. 1, No L1 30-32, jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 1, Setia Budi, Jakarta 12940.
  2. VFS Global Surabaya yang ada di Graha Pena Lt. 15 R. 1506, jalan Ahmad Yani No 88, Surabaya 60234.
  3. VFS Global Bali yang ada di Benoa Square Lt. 3, No 14.3/A, jalan By Pass I Gusti Nurah Rai No 21 A, Kedonganan, Kuta, Bali 80361.

 

Negara Tujuan Kedua :

  1. Perancis
  2. Swiss

Tempat untuk mengajukan atau membuat visa Schengen adalah di TLScontact yang beralamatkan di Menara Anugrah Lt. 3, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta. Tepatnya ada di samping kedutaan besar Thailand.

 

Negara Tujuan Ketiga :

  1. Jerman

Untuk pengajuan visanya sendiri bisa langsung ke beberapa alamat berikut ini.

  1. Keduataan Besar Jerman di jalan M. H. Thamrin No 01, Rt/Rw 01/05, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310.
  2. Honorary Consul Mr. Liliek Darmadi, MM di jalan Abdullah Lubis 47A, Medan 20154.
  3. Honorary Consul Mr. Robert Jantzen di jalan Pantai Karang 17 Batujimbar Sanur, Bali.
  4. Honorary Consul Mr. Harjanto Tjokrosetio di jalan Dr. Wahidin No 29, Surabaya 60664.

Sebagai tambahan, beberapa negara lain yang masih dalam wilayah Schengen, seperti Republik Ceko, maka Anda bisa mengajukan visa Schengen di Kedutaan Besar atau perwakilan negara tersebut.

 

Persyaratan Visa Schengen

Formulir Permohonan Visa

Silakan Anda isi formulir permohonan pembuatan visa Schengen di situs atau website resmi Kedutaan Besar negara yang ingin dikunjungi.

Foto Terbaru

Untuk membuat visa Schengen Anda juga perlu menyiapkan 2 buah pas foto ukuran 35 x 45 mm dengan background warna cerah (disarankan agar menggunakan background warna abu-abu terang).

Paspor yang Masih Berlaku

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan paspor yang masih berlaku, yakni yang tidak dikeluarkan lebih dari 10 tahun dan masa berlakunya minimum 3 bulan.

Bukti Tiket Penerbangan

Ini mencakup tanggal dan nomor penerbangan yang akan dibawa pulang dan pergi.

Polis Asuransi Perjalanan

Untuk membuat visa Schengen Anda harus memiliki polis asuransi perjalanan dengan minimum nilai pertanggungan Rp 477 juta rupiah.

Bukti Akomodasi

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bukti akomodasi selama ada di Schengen, seperti bukti pemesanan hotel, perjanjian sewa, atau surat undangan dari pemilik rumah dimana Anda akan menginap.

Bukti Keuangan

Untuk yang terakhir ini Anda perlu menyiapkan bukti rekening koran selama 3 bulan terakhir.

 

Cara membuat visa Schengen yang Mudah

  1. Pertama, disarankan untuk mengajukan atau membuat visa Schengen 3 minggu sebelum keberangkatan. Tetapi jika belum sempat, paling lambat 15 hari kerja sebelum perjalanan.
  2. Selanjutnya adalah membuat janji temu secara online di situs VFS Global atau secara tertulis. Silakan isi tanggal sesuai keinginan.
  3. Untuk tahap berikutnya Anda hanya perlu datang ke Kedutaan Besar atau Konsultan Negara Schengen tujuan.
  4. Siapkan beberapa dokumen persyaratan yang menjadi syarat utama dalam pembuatan visa Schengen, seperti yang sudah kami sebutkan di atas.
  5. Menjalani sesi wawancara dengan konsuler visa kurang lebih selama 15 menit.
  6. Membayar biaya buat visa Schengen sebesar Rp 954 ribu rupiah untuk orang dewasa dan Rp 556 ribu rupiah untuk anak mulai dari usia 6-12 tahun.
  7. Selesai.

 

Demikian artikel cara membuat visa Schengen  di Medan, Surabaya, Jakarta dll  by tripjuara.id
Ingi berwisata domestik & internasional ? silahkan klik disini
Kunjungi terus Blog ini untuk terus mendapatkan informasi menarik seputar pariwisata lokal, domestik dan internasional.

2 thoughts on “Cara Membuat Visa Schengen di Medan, Surabaya, Jakarta dll

  1. Pingback:Tempat Wisata Kuliner di Medan yang Murah, Populer dan Mantap

  2. Pingback:Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Ditutup karena Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *