Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Ditutup karena Virus Corona

tutup karena corona

Covid-19 atau yang dikenal dengan Virus Corona sudah menjadi perhatian serius bagi Indonesia. Penyakit pandemik yang telah menyebar hampir ke seluruh negara dunia ini juga telah menjangkit di Negara Indonesia. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyakat Indonesia mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Saat ini ada banyak daftar tempat wisata di Indonesia yang tutup karena Virus Corona.

Oleh karena itu, salah satu kebijakannya yaitu menghimbau tempat wisata di Indonesia untuk tutup sementara waktu. Berikut beberapa tempat wisata di Indonesia yang tutup karena virus Corona.

Monumen Monumen Nasional (Monas), Ancol dan Tempat Wisata Lain di Jakarta

Monumen Nasional Indonesia atau dikenal dengan Monas merupakan wisata yang paling ramai dikunjungi setiap hari. Namun, terkait dengan virus corona yang semakin menyebar di Indonesia Sebagian besar di DKI Jakarta, membuat wisata ini sesuai karena corona.

Penutupan tempat ini di mulai tanggal 14 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan. Bukan hanya Monas, wisata terkenal di Jakarta yang ditutup juga adalah Taman Impian Jaya Ancol. Wisata yang dikenal dengan wahana permainan airnya ini ditutup mulai tanggal 14 Maret hingga 27 Maret 2020.

Selain kedua wisata terkenal di Jakarta ini ada juga beberapa wisata lain yang ditutup karena virus korona ini adalah Kawasan Kota Tua Jakarta, Dunia Fantasi, Taman Margasatwa Ragunan, Plaetarium Taman Ismail Marzuki dan wisata lainnya yang ada di Jakarta.

Candi Borobudur, Candi Mendut, Gunung Merbabu dan Wisata Lainnya di Jawa Tengah

Wisata tutup karena corona selanjutnya adalah Candi Boro Budur. Destinasi wisata Dunia yang biasanya dijadikan tempat pemujaan / tempat ibadah di Jawa Tengah juga ditutup karena virus Corona. Tanggal penutupan di mulai tanggal 14 hingga 29 Maret 2020. Penutupan ini membuat orang tidak dapat mengunjungi tempat ini untuk wisata atau ibadah.

Bukan hanya Candi Borobudur, candi yang terkenal di Jawa Tengah yaitu Candi Mendut juga di tutup mulai tanggal 16-30 Maret 2020. Bagi kamu para pelancong yang suka naik ke Gunung dapat melakukan pendakian terlebih dahulu di Gunung Merbabu. Karena Gunung Merbabu sudah ditutup sementara waktu mulai tanggal 15 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan.

Selain tempat wisata tersebut, terdapat 55 tempat wisata lainnya di Jawa Tengah yang ditutup sementara waktu. Penutupan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran nomor 440/0004942 dari Gubernur Jawa Tengah yang berlaku sejak tanggal 14 Maret 2020.

Lihat Juga: ” Daftar Tempat Wisata di Sumatera Utara (Sumut) Ditutup Karena Corona

Alun-Alun Bandung, Museum Kota Bandung dan mengembalikan Wisata di Kawasan Lembang, Jawa Barat

Alun-alun Bandung yang selalu ramai sekarang menjadi sepi dari surat edaran walikota Bandung nomor 443 / SE.030-Dinkes yang meminta untuk menutup sementara area publik di Bandung. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyakit Corona di Kota Bandung.

Pedagang yang biasanya berjualan di tempat ini pun menjadi mogok berjualan mulai dari tanggal dikeluarkannya surat edaran tersebut hingga dua minggu ke depan.

Museum Kota Bandung yang berada di Jalan Aceh Nomor 47 Kota Bandung yang merupakan lebih banyak sejarah berdirinya Kota Bandung serta perkembangan teknologi dan budaya juga ditutup sementara waktu.

Selain itu banyak objek wisata di kawasan Lembang, Jawa Barat juga ditutup mulai tanggal 18 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan. Tempat wisata tersebut antara lain The Great Asia Afrika, Pasar Terapung, Rumah Pertanian dan D’Ranch.

Kawah Ijen, Museum Sepuluh November dan mengambil Wisata di Jawa Timur

Pemandangan indah yang biasanya dinikmati oleh pengunjung di Kawah Ijen sementara belum bisa di kunjugi. Penutupan tempat wisata Kawah Ijen dimulai sejak tanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020. Bukan hanya Kawah Ijen, Museum Sepuluh November yang berisi tentang sejarah kemerdekaan RI juga dibuka mulai tanggal 15-29 Maret.

Beberapa museum lainnya yang terletak di kota Surabaya seperti Museum WR Soepratman, Museum Surabaya, Museum Dr.Soetomo, Museum Pendidikan Surabaya dan Museum HOS Tjokroaminoto juga ditutup pada tanggal yang sama dengan tanggal penutupan Museum Sepuluh November.

Selain itu, ada 56 tempat wisata lainnya di Jawa Timur yang juga ditutup. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona di Jawa Timur.

Pantai Kuta, Pantai Pandawa dan Kafe, Restoran dan Tempat Wisata Lainnya di Bali

Bali yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan baik di dalam negeri hingga ke luar negeri mendadak menjadi sepi karena pemilihan tempat wisata di Bali terkait dengan penyebaran wabah virus Corona.

Pantai-pantai terkenal seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Seminyak dan Pantai Petitenget ditutup sementara waktu. Selain pantai-pantai tersebut ada 30 tempat wisata yang ditutup adalah kafe dan restoran. Penutupan tempat-tempat wisata di Bali diberlakukan sejak adanya Surat Edaran Gubernur Bali.

Lihat Juga: ” Wisata Rafting di Medan Untuk Pemula, Atlet dan Umum

Raja Ampat  

Salah satu objek wisata di Provinsi Papua Barat yang terkenal yaitu Raja Ampat. Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat mengonfirmasi bahwa telah menutup semua tempat wisata di Raja Ampat selama 14 hari kedepan.

Hal ini diberlakukan sejak adanya surat edaran nomot 440/101 / Setda yang diterima pada tanggal 22 Maret 2020. Penutupan ini mendapat dukungan dari agen perjalanan yang mengangkut di daerah Raja Ampat sebagai upaya memperbaiki virus Corona.

Istana Maimun, Museum Negeri Sumatera Utara dan beberapa tempat wisata di Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatera Utara

Lokasi wisata Kota Medan yaitu Istana Maimun sementara waktu ditutup mulai tanggal 18 Maret-1 April 2020 untuk mengurangi penyebaran Corona di kota Medan. Museum Negeri Sumatera Utara juga ditutup mulai tanggal 18 Maret 2020 hingga batas waktu yang ditentukan.

Selain itu, provinsi yang dikenal dengan keindahan alamnya ini juga menutup tempat wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser seperti Air Terjun Gunung Setan, Tangkahan, Bukit Lawang dan 15 objek wisata lainnya. Penutupan ini dilakukan mulai tanggal 18-31 Maret 2020.

Taman Nasional Bunaken

Terkait dengan penyebaran virus Corona, salah satu objek wisata terkenal di Indonesia yaitu Taman Nasional Bunaken yang berada di Manado, Sulawesi Utara ditutup saat kunjungan wisatawan baik di nusantara dan mancanegara. Penutupan ini dimulai pada tanggal 24 Maret hingga 29 Mei 2020. Diperlukan kegiatan menyelam dan snorkeling di Pulau Bunaken sementara ditiadakan.

Lihat Juga: ” Cara Membuat Visa Schengen di Medan, Surabaya, Jakarta dll

Pulau Komodo dan Wisata di Labuhan Bajo

Salah satu tempat keajaiban dunia yang menyimpana banyak fauna di dalamnya adalah Pulau Komodo yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun karena virus wabah Corona yang menyebar di Indonesia, sementara waktu lokasi ini ditutup mulai tanggal 22 Maret hingga 29 Mei 2020. Selain Pulau Komodo, wisata lain di Labuhan Bajo juga ditutup.

Ada sebanyak 84 wisata di daerah yang mencakup 58 lokasi menyelam dan 9 lokasi snorkeling ini ditutup mulai tanggal 23 April hingga 6 Mei 2020. Hal ini untuk menghindari penyebaran virus Corona di wilayah tersebut.

One thought on “Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Ditutup karena Virus Corona

  1. Pingback:Update Calendar of Event Wonderful Indonesia 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *