Destinasi Terbaik Wisata Indonesia Timur yang Harus Dikunjungi

raja ampat

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikaruniai keindahan alam yang berlimpah. Tidak jarang keindahan alam tersebut dijadikan sebagai tempat wisata dan menjadi tujuan tempat liburan dari segala kalangan seperti mengunjungi destinasi terbaik wisata bagian Timur Indonesia.

Mengapa harus ke Indonesia Timur ?

Salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia ialah bagian Indonesia Timur. Selain karena sektor pariwisata yang memfokuskan pengenalan indahnya Indonesia Timur kepada dunia, tempat ini memiliki keindahan yang memberikan nilai lebih seperti pantai tak berpenghuni dengan pasir putih dan air yang jernih.

Bagian Timur Indonesia ini, akhir-akhir ini menjadi tujuan yang paling diminati karena keindahan alam yang jarang ditemukan di Indonesia, hingga keberagaman suku yang unik di setiap daerahnya. Selain menemukan wisata pantai yang menawan, Indonesia Timur juga menawarkan banyak spot yang dapat memperlengkap pengalaman liburan.

5 Destinasi Wisata di Indonesia Timur

Banyaknya destinasi wisata di Indonesia Timur terkadang membuat pengunjung kewalahan menemukan tempat yang benar-benar tepat sebagai tujuannya. Walau begitu, terdapat beberapa tempat yang sudah sering dikunjungi dan menjadi terkenal karena beberapa alasan khusus dan keunikannya.

bukit bintang r4

1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan daerah kepulauan yang berada di kawasan teritorial Papua Barat, dengan pulau yang tersebar berkisar 360 pulau dan 35 pulau diantaranya merupakan pulau berpenghuni. Kepulauan Raja Ampat yang dijuluki sebagai kawasan Amazon Lautan Dunia ini, dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

Keindahan bawah laut yang dimiliki menjadi nilai lebih untuk tempat wisata ini, dimana pengunjung akan mendapatkan banyak sekali tawaran spot diving.  Keberagaman keindahan alam yang dapat dinikmati di Raja Ampat sangat beragam, mulai dari biota laut yang banyak hingga gugusan karang terbaik yang ada di dunia.

Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki hal menarik di atas permukaan lautnya. Raja Ampat juga dilimpahi oleh banyak pantai-pantai indah yang tersebar di hamparan kepulauannya. Pantai yang berada di tempat ini umumnya berpasir putih dan sangat halus. Uniknya, destinasi wisata yang terdapat di Raja Ampat seperti Teluk Kabui, Wayag dan Piaynemo lebih dulu dikenal di luar negeri dibandingkan Indonesia sendiri.

2. Kepulauan Banda

Selain kawasan Papua, Maluku juga merupakan tempat wisata Indonesia yang dikenal akan keindahan alam yang dimiliki. Pulau Banda ini sendiri memiliki kurang lebih 10 pulau kecil serta memiliki 3 pulau besar yaitu Banda Neira, Banda Besar dan Gunung Api. Dengan berkunjung ke pulau ini, kita akan disambut oleh pemandangan dari pulau-pulau indah dan hamparan laut yang luas.

Kepulauan Banda tidak hanya tersohor di dalam negeri saja, namun dikenal hingga Eropa. Selain pemandangannya, Kepulauan Banda juga memiliki berlimpah rempah-rempah berkualitas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pedagang bangsa Eropa.

Kepulauan Banda juga termasuk salah satu tempat scuba Diving yang terkenal, sehingga terdapat banyak wisatawan yang berkunjung  ke daerah ini hanya karena keindahan bawah laut yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk menikmati perjalanan di Pulau Banda, spot utama yang dapat dikunjungi adalah ketiga pulau besar yang terdapat disana.

3. Pulai Kei

Pulai Kei terletak di bagian tenggara kepulauan Maluku yang menawarkan pemandangan pasir putih yang bersih dan lembut. Kepulauan Kei terdiri atas beberapa pulau yaitu Pulau Kei Besar, Pulau Kei Kecil, Tanimbar Kei, Kei Dulah, Dulah Laut, Kuur, Taam dan Tayandu yang memiliki pesonanya masing-masing. Selain pulau-pulau yang indah tersebut, tempat ini juga memiliki banyak tempat snorkeling dan tempat wisata budaya dan wisata sejarah Indonesia.

Berkunjung ke Pulau Kei akan terasa tidak lengkap apabila tidak membeli cinderamata yang menjadi keunikan di tempat ini. Hiasan dari kerang dan pernak-pernik laut menjadi cinderamata yang paling diminati oleh pengunjung.

Pulau Kei juga menjadi penghasil mutiara dimana mutiara tersebut juga dapat dijadikan sebagai cinderamata dengan banyak pilihan. Beberapa cendramata  yaitu mutiara air tawar, mutiarar laut, hasil budidaya dan mutiara perairan dalam. Selain keindahan alam di pulai ini, pengunjung juga dapat melihat rumah adat dan benda-benda adat asli Kei seperti patung adat, perhiasan emas, tembikar hinga bejana.

4. Teluk Maumere

Surga dunia bawah laut Indonesia salah satunya terdapat di wisata Teluk Maumere. WIsata ini dimana kita dapat melihat berbagai terumbu karang serta biota laut yang tersebar di 19 pulau seperti Pangabarang, Pulau Babi, Kojadoi, Kojagete dan lainnya.

Dengan berkunjung ke tempat ini, pengunjung dapat menyelam di Taman Laut Teluk Maumere yang menjadi spot foto favorit oleh para fotografer dunia. Keindahan Teluk Maumere sering terabaikan karena kurangnya promosi dan kerjasama kepada pemerintah.

Padahal, tempat ini mengandung banyak keindahan, diantaranya terumbu karang, tumbuhan laut, kerang mutiara, tiram batu dan berbagai jenis ikan. Terabaikannya keindahan di Teluk Maumere ini diakibatkan. Saat berkunjung ke teluk ini, setidaknya terdapat 19 lokasi wisata yang dapat dijelajahi.

5. Lembah Baliem

Lembah ini berbeda dengan tempat wisata keindahan laut yang lainnya. Dengan berkunjung ke Lembah Baliem, pengunjung juga dapat menikmati sensasi keindahan alam dan budaya Papua uang unik melalui festival tradisi peperangan Papua. Lembah Baliem memiliki ketertarikan sendiri dimana pengunjung dapat menyaksikan tradisi khas Suku Dani, misalnya bakar batu.

Tradisi bakar batu ini menjadi tradisi khas dari Suku Dani itu sendiri, dimana tradisi ini berlangsung selama 4 jam dengan berbagai kegiatan seperti perang-perangan, gali lubang hingga tari-tarian.

Tidak hanya budaya yang menarik, Selain aksi peperangan dan pertujukan tradisional tersebut. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para penduduk asli Papua. Lembah Baliem juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik yang dapat dinikmati pengunjung melalui aktivitas liburan seperti ‘tracking’, susur lembah dan sungai.

Baca Juga : “Apa Itu Backpacker? Ketahui Macam-Macam & Tips Menjadi Backpacker Disini”

Paket Wisata Indonesia Timur

tripjuara.id merupakan salah satu Biro Perjalanan yang menawarkan paket wisata yang ditawarkan pada destinasi di Indonesia Timur. Paket “Amazing Maratua Trip” menjadi salah satu paket wisata yang ditawarkan dengan harga terjangkau untuk melihat indahnya Lembah Baliem. Program ini ditawarkan dengan harga Rp 14,000,000 per orang (Menyesuaikan).

Paket wisata Raja Ampat, pengunjung hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 14.050.000 per orang dengan durasi 5 hari 4 malam. Wisatawan tidak perlu khawatir, setiap pengunjung akan diberikan menikmati berbagai destinasi wisata dengan waktu yang panjang.

Trip Juara Perjalanan selalu memastikan setiap paket yang sudah menjalin kerjasama dengan pemandu lokal (pemandu) yang sudah siap kenal tempat wisata terbaik Indonesia Timur. Jika Anda tertarik berwisata dan mengexplore wisata Indonesia Timur bersama tripjuara.id, silakan hubungi kami.

Trip Juara Travel “Penyedia layanan wisata paripurna”.
Instagram  https://www.instagram.com/tripjuara.id/
WhatsApp  https://wa.me/6281366593065
Web  tripjuara.id  
email [email protected]

2 thoughts on “Destinasi Terbaik Wisata Indonesia Timur yang Harus Dikunjungi

  1. Pingback:Panduan Itinerary Wisata ke Bali untuk Keluarga Bersama Tour Medan

  2. Pingback:Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *