Film Bertema Traveling di Indonesia & Barat Rekomendasi

Felix Mooneeram unsplash

Tidak dipungkiri lagi bahwa semua orang menyukai menonton film, dan tidak jarang beberapa karakter ataupun cerita dalam film tersebut dijadikan inspirasi ke dalam kehidupan. Traveling menjadi salah satu tema yang paling banyak diminati oleh para pecinta film, sekaligus para traveler. Dimana tema ini selalu disuguhkan dengan kisah yang menarik dengan serba-serbi petualangan yang menarik. Untuk kamu para pecinta traveling, tentu kamu juga suka menonton film yang bertemakan petualangan atau perjalanan ke suatu tempat tertentu. Tidak hanya menceritakan keseruan dalam petualangan, film bertemakan traveling Indonesia juga sering menyelipkan kisah-kisah inspiratif. Berikut beberapa film bertemakan traveling terbaik yang wajib kamu tonton, travelers!

Film Indonesia

1. 5 cm (2012)

5 cm @pevpearce
Instagram @pevpearce

5 cm merupakan film traveling indonesia karya Rizal Mantovani yang dirilis pada tahun 2012 berdasarkan novel best seller karya Donny Dhirgantoro. Film ini menceritakan kisah dari 5 orang sahabat yang merasa jenuh dengan persahabatan mereka selama belasan tahun lamanya, sehingga mencoba untuk mencari jati diri mereka masing-masing dengan tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan lamanya dan kembali bertemu di waktu yang telah ditentukan.

Setelah menikmati waktu sendiri selama tiga bulan, mereka menyadari banyak hal yang berbeda dan berubah dari diri mereka masing-masing.  Hingga tiba saatnya mereka bertemu kembali, mereka  memulai sebuah perjalanan yang penuh impian dan tantangan untuk mendaki puncak Gunung Mahameru, yaitu puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Selama perjalanan, mereka mengalami banyak sekali kejadian yang menegangkan. Namun hal tersebut berhasil dilalui akibat kebersamaan. Tidak hanya Gunung Mahameru, keindahan destinasi lainnya pun diperlihatkan disini, salah satunya Danau Ranu Kumbolo. Sampai di puncak Gunung Mahameru, mereka mengibarkan bendera Merah Putih dengan pemandangan matahari terbit tepat di 17 Agustus.

2. Filosofi Kopi (2015)

Filosopi Kopi by Visinema Pictures
Youtube : Visinema Pictures

Film drama Indonesia yang diangkat dan diadaptasi dari cerita pendek Filosofi Kopi karangan Dewi Lestari ini dirilis pada 9 April 2015. Karya ini mengisahkan cerita dua orang sahabat, Ben dan Jody.  Mereka mempunyai ambisi tinggi untuk membuat sebuah kedai kopiterkemuk di Jakarta dan menyediakan kopi terbaik di Indonesia.

Proses untuk membuat kopi yang sempurna menjadikan mereka berpetualang keliling Indonesia untuk mencari biji kopi yang paling enak, dimulai dari Aceh, Lampung hingga tiba di Toraja. Film ini tidak hanya mengisahkan perjalanan, namun juga memberikan wawasan baru untuk melihat budaya Indonesia dalam bingkai yang penuh gairah dan cinta.

3. Kulari Ke Pantai (2018)

Kulari Ke Pantai by Miles Films
Youtube Miles Films

Film bertekaman traveling tidak melulu menjadi film yang menarik untuk ditonton oleh orang dewasa. Industri film Indonesia juga turut merilis karya bertemakan traveling yang cocok untuk ditonton oleh anak-anak, salah satunya film yang bertajuk “Kulari Ke Pantai”.

Setelah sukses dengan film Laskar Pelangi dan Petualangan Sherina, Riri Riza dan Mira Lesmana kembali merilis film ini pada tahun 2018. Film ini menceritakan perjalanan oleh Sam, anak pantai asal Rote-NTT beserta Ibu dan sepupunya bernama Happy.

Perjalanan ini bermulai dari Jakarta dan akan berakhir di Banyuwangi untuk menemui seorang surfer yang sudah sejak lama diidolakan oleh Sam di Pantai G-Land. Namun, karena perbedaan gaya hidup yang sangat mencolok antara Sam dan Happy, perjalanan darat dengan mobil ini terasa lebih penuh tantangan dan tidak sesuai rencana. Tantangan terbesar adalah karena banyaknya situasi tidak terduga yang muncul selama perjalanan.

4. Aruna dan Lidahnya (2018)

Aruna dan Lidahnya @Palari Films
Youtube : Palari Films

Selain bercerita mengenai perjalanan, film Aruna dan Lidahnya juga cocok dijadikan sebagai referensi kuliner. Film ini mengishkan seorang Aruna, seorang ahli wabah yang ditugaskan mendeteksi wabah flu burung di Jawa Timur dan Kalimantan.

Perjalanan tugas ini dimanfaatkan oleh Aruna untuk menikmati kuliner bersama seorang koki dan seorang food blogger di berbagai kota yaitu Surabaya, Pamekasan, Pontianak dan Singkawang. tertarik dengan film traveling Indonesia satu ini?

Baca Juga : “Paket Wisata Sabang dari Medan 4 Hari 3 Malam atau Custom

Film Barat

1. The Way (2011)

The Way merupakan film drama Spanyol yang dirilis tahun 2011, oleh Emilio Estevez sebagai sutradara, produser sekaligus penulis dari cerita film ini. Film ini merupakan film bertemakan traveling yang sangat menyentuh. The Way mengisahkan Tom, seorang ayah yang kehilangan anak yang sangat dikasihi akibat meninggal saat sedang melakukan petualangan di alam.

Setelah mulai menerima kenyataan, Tom memutuskan untuk melakukan petualangan yang sama dengan rute yang dijalani oleh sang anak. Selama perjalanan, Tom menebar abu anaknya hingga akhirnya bertemu dengan tiga orang petualang lainnya dan bercerita kisah mereka masing-masing. Selain melihat perjalanan, film ini juga menunjukkan betapa besar kasih dan perjuangan seorang Ayah untuk anaknya.

2. Tracks (2013)

Tracks merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, tentang petualangan seorang wanita berumur 27 tahun bernama Robyn Davidson. Perjalanan yang berkisar 1700 mil ini dilakukan di padang pasir Australia Barat. Selama perjalanan, Robyn hanya ditemani oleh empat ekor unta dan seekor anjing yang setia.

Dengan menonton film Tracks, kamu akan melihat sosok Robyn yang sangat tangguh karena hidup sendiri di tempat liar. Robyn berusaha untuk menjada diri sendiri beserta lima ekor hewan yang menemani perjalanannya. Selain itu, film ini juga memberikan keyakinan bahwa mimpi akan menjadi nyata jika ada usaha dalam menggapainya, ditandai dengan aksi dan kesungguuhan dari Robyn yang tidak berhenti walaupun memiliki banyak keterbatasan dengan keyakinan bahwa hidup bercerita soal pilihan.

3. The Wild (2014)

Film biografi drama petualangan Amerika Serikat ini dirilis pada tahun 2014 berdasarkan buku karya Cheryl Strayed, Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail. Film ini mengisahkan Cheryl Strayed yang mengalami banyak kesusahan dalam hidupnya, yaitu kehilangan Ibunya, gagal dalam pernikahan dan perilakunya yang cenderung merusak dirinya sendiri.

Karena banyak permasalahan tersebut, Cheryl memutuskan untuk menemukan kembali hidupnya yang diarasa sudah hilang dengan berkelana seorang diri untuk mendaki Pacific Crest Trail. Cheryl merasa tidak mendapatkan perhatian dari sekitarnya, sehingga hal ini dilakukan untuk melarikan diri dari masa lalunya. Perjalanan ini dilakukan selama lebih dari 90 hari dengan bermodalkan tas carrier, peta dan buku panduan.

Baca Juga : “[Update] Calendar of Event Wonderful Indonesia 2020

4. Captain Fantastic (2016)

Captain Fantastic menceritakan kisah Ben Cash dan Leslie sang istri yang berusaha membersarkan anak-anaknya jauh dari peradaban dunia yang sangat modern. Keluarga ini memutuskan untuk hidup di alam liar dengan meninggalkan kehidupan perkotaan yang nyaman. Film yang bercerita tentang cinta dan keluarga ini mempunyai banyak nilai pendidikan yang bisa didapatkan oleh setiap penonton.

Anak-anak dari kedua pasangan ini antara lain Bodevan, Kielyr, Vespyr, Rellian, Zaja dan Nai tetap belajar dengan sistem home schooling. Perjalanan ini dilakukan oleh Ben dan Leslie karena mereka sadar bahwa dunia luar yang sangat modern tidaklah ramah dalam perkembangan anak-anak mereka. Walaupun akhirnya Leslie meninggal dengan bunuh diri karena penyakit kejiwaan yang sudah lama diderita.

One thought on “Film Bertema Traveling di Indonesia & Barat Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *