Cara Memilih Kamera Untuk Traveling yang Bagus dan Simpel

mirroless (2)

Bepergian ke suatu tempat tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengabadikan momen-momen penting. Mengabadikan momen tersebut bisa kita kenang lewat foto maupun video yang tentunya menggunakan alat. Alat tersebut bisa berupa handphone ataupun kamera untuk traveling. Namun, untuk hasil kualitas gambar yang baik biasanya banyak para travelers menggunakan kamera.

Jenis kamera ada  bermacam-macam sehingga kamu harus menyesuaikannya dengan  kebutuhanmu. Untuk kegiatan travelling juga membutuhkan jenis kamera yang cocok agar kualitas gambarnya baik, apa saja jenis kamera yang wajib dibawa saat travelling kamu nanti? Yuk, kita bahas!

mirroless (1)

Type Mirroless

Jenis kamera untuk traveling pertama yaitu tipe mirroless. Kamera ini memiliki ukuran yang kecil dan beratnya ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana, lensa dapat diganti-ganti, hasil bidikan yang tajam dan bagus. Perbedaan kamera mirroless dengan kamera DSLR adalah kamera ini tidak memakai cermin/pentaprisma namun hasil tangkapan gambarnya tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR.

Cara kerja kamera ini yaitu cahaya masuk diterima sensor tanpa dipantulkan cermin dan ditampilkan di viewfinder electronic (jendela kecil pada kamera untuk melihat objek yang akan diambil oleh fotografer). Harga dari kamera jenis ini lebih murah dibandingkan dengan kamera jenis lainnya. Namun, kelemahannya berada di baterai yang cepat habis. Ada beberapa kamera jenis mirroless yang kami sarankan untuk kamu pakai saat liburan

1. Fujifilm X-A5

Kamera ini merupakan kamera yang sering dipakai orang-orang saat travelling karena bodynya yang keren dan mudah dibawa kemana-mana. Keunggulan kamera Fujifilm X-A5 ini terletak pada hasil fotonya yang bagus.

Ada beberapa keunggulan yang bisa digunakan pada kamera ini seperti video dengan resolusi 4K dan full HD 1080p , touchscreen, layar yang bisa flip 180 derajat sehingga bisa berselfie dan jack untuk memasang mic eksternal bagi kamu yang ingin membuat vlog.

2. Sony A6000

Untuk para pemula menggunakan kamera Sony A600 menjadi pilihan yang tepat. Kamera ini fleksibel dan canggih.  Dengan harga dibawah 10 juta, kamu bisa mendapat hasil foto yang tajam dan jernih karena memiliki sensor APS-C berkekuatan 24.3 MP, dilengkapi dengan sistem Fast Hybrid AF sehingga hasil foto cepat dan akurat hingga 11 frame per detik.

Baca Juga : “Daftar 7 Bangunan Keajaiban Dunia Baru Yang Diakui UNESCO

3. Panasonic Lumix GH5

Kamera ini merupakan salah satu kamera mirroless terbaik yang dapat merekam video 4K dengan kekuatan 50-60 fps. Selain itu kamera ini kuat dan mampu menahan air dan debu yang masuk juga dapat digunakan di suhu -10 derajat celcius karena bodynya terbuat dari magnesium.

4. Olympus OM-D-E-M10 Mark III

Kamera yang satu ini tidak dilengkapi dengan sensor namun meski begitu, kamera ini dapat merekam video dengan kualitas 4K dan dapat menghasilkan foto yang bagus karena dilengkapi dengan adanya 5-axis image stabilization. Untuk pemula, kamera ini juga cocok digunakan karena selain harganya yang murah juga mudah menggunakannya.

5. Canon EOS M10 Kit

Kamera yang satu ini sangat canggih karena banyak fitur-fitur pendukungnya seperti adanya flash, Wi-fi, NFC,  tombol Mobile Device, LCD Panel Sentuh dan menggunakan lensa STM sehingga gambar yang dihasilkan sangat bagus.

DSLR (2)

Type DSLR

Tipe kedua kamera untuk traveling yaitu tipe DSLR yang sudah pasaran dan sering digunakan. Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex merupakan kamera yang menggunakan cermin otomatis dan pentaprisma untuk menuruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder. Dibandingkan dengan jenis kamera mirroless, body dari kamera ini lebih besar namun masih mudah dibawa kemana-mana.

Untuk membuat hasil gambar yang menarik kamu bisa mengganti-ganti lensa pada kamera ini dan mengatur gambar menggunakan tombol-tombol pada kamera. Adapun beberapa pilihan kamera tipe DSLR yang cocok digunakan saat travelling, yaitu:

1. Nikon D3300

Kamera tipe DSLR ini cocok digunakan bagi kamu para pemula pemakai jenis kamera ini. Ada beberapa fitur yang disediakan seperti ISO range hingga 25600, continuous shoot hingga 5 fps, 24 MP CMOS Expeed 4 sensor dan kemampuan merekam video full HD 60 fps yang dapat menghasilkan kualitas foto dan video yang sangat bagus.

2. Canon EOS 750D Mark III

Kamera jenis DSLR yang populer di masyarakat salah satunya yaitu kamera Canon EOS 750D Mark III.  Canon EOS 750D Mark III ini memiliki sensor APS-C dengan besar 22.3 x 14.9 mm dan ketajaman 24 MP  serta shutter speed 1/4000 detik sehingga dapat menangkap gambar dengan cepat dan hasil yang bagus. Kamera ini juga dilengkapi oleh fitur Wi-fi dan NFC sehingga memudahkan transfer hasil foto.

Baca Juga : “[Update] Calendar of Event Wonderful Indonesia 2020

3. Nikon D5300

Nikon D5300 merupakan kamera dari penyempurnaan kamera Nikon D5200. Kamera ini dapat merekam video full HD dan layar LCD yang dapat dilipat. Kamera ini merupakan kamera Nikon terbaik pertama dengan built in Wi-Fi dan GPS yang terdapat di dalam kamera.

4. Canon EOS 80D

Jika kamu ingin menghasilkan kualitas gambar yang sangat bagus, kamera Canon EOS 80D menjadi solusinya. Dilengkapi dengan sistem AF 45 titik focus, ISO rentang 25600 serta processor berkecepatan tinggi dengan sensor CMOS 24.2 MP serta dilengkapi teknologi EOS Scene Analysis yang memberikan nilai lebih bagi pencinta fotografi.

action camera

Type ActionCam

Jenis kamera untuk traveling yang cocok bagi para travelers selanjutnya yaitu tipe action-cam atau kamera aksi. Kamera tipe ini sangat canggih karena dapat merekam aksi atau kegiatan di luar ruangan, olahraga atau kegiatan yang bersifat ekstrem seperti diving, touring, sepeda gunung dan lain-lain.

Kamera ini berbeda dengan kamera lain karena tindakan kamera ini bisa mengambil foto ataupun gambar dengan pemandangan yang luas serta tahan air pada tingkat permukaan atau dikenal dengan fitur waterproof.

Karena kualitasnya dan penggunaannya yang berbeda dengan kamera jenis lain membuat harga lebih mahal dari jenis mirroless dan dslr. Adapun kamera jenis action-cam yang kami rekomendasikan, yaitu:

1. Olympus TG-Tracker

Kamera ini merupakan kamera yang cocok untuk kegiatan ekstrim yang sudah dilengkapi oleh GPS dan kompas sehingga membantumu dalam petunjuk arah, sensor akselerator, barometer, thermometer dan mempunyai lampu LED jika tempatmu kekurangan cahaya sehingga menghasilkan kualitas gambar yang jelas serta resolusi perekamnya 4K. baterai kamera ini juga bertahan hingga tiga jam.

2. Xiomi YI 4K

Kamera yang satu ini sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Selain itu harga kamera ini juga tidak terlalu mahal sekitar dua jutaan. Video yang dihasilkan sudah 4K dan bertahan sampai dengan dua jam. Namun kelemahannya belum terlalu banyak fitur di dalam kamera ini.

3. Sony FDR-X3000R

Jika kamu sedang travelling mendaki ataupun bersepeda dan kamu ingin merekam kegiatanmu, kamu tidak usah khawatir karena kamera Sony FDR-X3000R mudah dipasangkan ke benda apapun tanpa harus menggunakan mounting khusus seperti di helm ataupun di lenganmu. Kamera ini sudah menghasilkan video dengan resolusi 4K dan dilengkapi teknologi Balanced Optical SteadyShot yang membuat gambar tetap stabil.

4. Tom Tom Bandit

Jika kamu para travelers yang bepergian jauh dan memakan waktu cukup lama, maka kamera jenis ini bisa kamu gunakan karena memiliki daya tahan baterai hingga 3 jam. Selain itu, memiliki resolusi perekam 4K dan menghasilkan foto yang bagus sebesar 16 megapiksel.

Baca Juga : “Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling

5. Garmin Virb XE

Kamera satu ini juga sangat canggih karena banyak fitur-fitur yang bisa digunakan seperti GPS, smartwatch, Wi-Fi, Bluetooth, akselerometer bahkan ada sensor yang bisa digunakan untuk merekam data dari perangkat lain. Untuk kualitas video yang dihasilkan pun sudah 4K.

Itulah beberapa jenis kamera yang bisa kamu pilih untuk teman travellingmu. Untuk info tambahan, jika kamu ingin membeli kamera lihatlah bentuk, ukuran dan beratnya, ukuran sensor, lensa, zoom optical dan Image Stabilization, mode pengambilan gambar, baterai, media penyimpanan, konektivitas, daya tahan,  fitur tambahan dan harga kamera tersebut.

3 thoughts on “Cara Memilih Kamera Untuk Traveling yang Bagus dan Simpel

  1. Pingback:Rekomendasi Lagu Keren yang Cocok Menemani Saat Traveling

  2. Pingback:10 Tempat Liburan Murah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

  3. Pingback:Paket Tour Danau Toba 1 Hari Start Medan dan Silangit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *