Penulisan Travelling atau Traveling, Mana yang Paling Benar?

traveling vs travelling

Buat kamu yang biasa menulis dan menggunakan kata dasar “travel”, tentu tidak asing lagi dengan penulisan kata “travelling”, “traveling”, “traveler” dan sebagainya. Dari daftar kata-kata tersebut, kamu dapat menemui dua kata yang hampir sama yaitu “travelling” dan “traveling” yang dibedakan oleh jumlah huruf L-nya, apakah satu L atau dua L.  Kedua kata tersebut sering sekali membuat kebingungan bagi yang tidak mengerti penggunaannya. Di antara kedua kata tersebut, apakah ada kata yang salah? Apakah kedua kata tersebut memiliki arti yang sama? Simak penjelasannya yuk!

Apa perbedaan dari Penulisan Travelling atau Traveling?

Seperti yang kita ketahui, travelling ataupun traveling merupakan kata yang dibentuk dari kata dasar travel, dimana kedua kata ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan arti dan tidak ada yang salah jika menggunakan salah satu di antaranya.

Namun, dalam pengucapan, travelling ataupun traveling diucapkan dengan dialek berbeda yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari dimana kata “Traveling” dalam penggunaannya lebih sering ditemui dalam American English sedangkan “travelling” merupakan kata dari British English. Seperti yang kita ketahui, American English daan Britsih English sering memiliki perbedaan ejaan kata, termasuk dalam hal ini.

Baca Juga : “Perbedaan Open Trip & Private Trip, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Travelling di British English

Kata travelling lebih banyak digunakan di British English atau United Kingdom baik dalam percakapan sehari-sehari, jurnal, majalah atau media lainnya. Menurut beberapa riset yang telah dilakukan, penggunaan kata travelling lebih dominan dengan perbanding 4:1 terhadap kata traveling. Selain dalam kata tersebut, umumnya ejaan kata dalam British English lebih panjang dibandingkan American English.

Traveling di American English

Berbeda dengan travelling, American English biasanya menggunakan kata traveling. Hal ini mungkin terjadi karena American English melakukan penyingkatan ejaan karena dianggap tidak perlu.

Baca Juga : “Manfaat Traveling Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Contoh Lain Perbedaan British & American

  1. Center (American English), Centre (British English).
  2. Dialog (American English), Dialogue (British English).
  3. Color (American English), Colour (British English).

Jadi, kamu lebih suka yang mana? penulisan Travelling atau Traveling?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *