Cara Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dan Promo

tiket murah

Halo, travelers! Apakah kamu sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat? Jika iya, apakah harga tiket yang kamu dapatkan merupakan harga yang murah ataupun promo? Sering sekali rencana perjalanan digantungkan dengan harga tiket pesawat yang didapatkan. Ya, tiket pesawat memang terhitung mahal. Tapi, jika melakukan langkah-langkah Rahasia Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dan Promo  di bawah dengan benar, kamu tentu bisa mendapatkan tiket pesawat murah dan promo. Jangan biarkan rencana liburan kamu hanya sebatas wacana ya!

1. Tentukan Periode Perjalanan

Kamu pasti pernah mengalami harga tiket pesawat melonjak tinggi setiap menjelang waktu liburan dimana waktu ini disebut dengan istilah high-session. Nah, karena itu sebaiknya kamu memilih periode perjalanan low-session, dimana periode ini merupakan waktu saat masa liburan (high-session) selesai.

Walaupun sebenarnya kamu juga bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang murah untuk liburan saat high-session, dengan melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu liburan. Setidaknya minimal 3 bulan sebelum waktu kamu akan melakukan keberangkatan. Meskipun begitu, berlibur di periode low-session tetap lebih direkomendasikan. Biasanya waktu ini terjadi di bulan September hingga November dan Februari hingga April.

Selain itu, memilih penerbangan saat weekday lebih disarankan, karena tiket pesawat akan lebih murah dibandingkan melakukan penerbangan saat weekend. Jadi, buat kamu yang ingin mendapatkan tiket pesawat murah, tunda dulu liburannya saat masa high-session, ya!

2. Pilih Tanggal Keberangkatan yang Tepat

Setelah menentukan periode perjalanan, kamu juga perlu memilih tanggal keberangkatan yang tepat. Untuk mendapatkan tiket yang murah, kamu dapat melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan di akhir bulan. Biasanya diakhir bulan harga tiket di tanggal 20 hingga penghabisan hari di setiap bulannya akan lebih murah dibandingkan harga tiket di awal hingga pertengahan bulan.

Hal ini mungkin disebabkan oleh minimnya konsumen yang melakukan perjalanan di akhir bulan  sehingga maskapai memberikan harga termurah di periode akhir bulan ini.

Lihat Juga : Jenis jenis Pesawat Terbang Mulai Dari Jet, Komersil, Airbus

3. Fleksibel dengan Destinasi Tujuan

Buat kamu yang merencanakan liburan ke destinasi yang paling diminati dan paling banyak dilayani oleh maskapai seperti Kuala Lumpur, Bali, Singapura, Yogyakarta ataupun yang lainnya, sebaiknya kamu harus selalu up-to-date dengan bantuan jari yang gesit untuk menemukan harga tiket pesawat yang murah.

Untuk destinasi seperti ini, kamu tidak perlu heran jika harganya dapat berubah secara drastis dalam hitungan jam. Maka sebaiknya, kamu disarankan untuk langsung membeli tiket jika kamu sudah menemukan satu harga yang setidaknya kamu pikir harga termurah yang kamu dapatkan.

Namun hal ini tidak berlaku jika destinasi tujuanmu bukan merupakan kawasan wisata dengan tingkat penerbangan yang tinggi, dimana dan kapanpun kamu ingin membeli tiketnya, harga yang ditawarkan akan cenderung statis. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan layanan Google Flights yang akan membantu kamu untuk mencari destinasi wisata dengan tiket pesawat yang murah.

4. Pilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai

Selain memerhatikan periode perjalanan dan destinasi tujuan, kamu juga perlu memilih maskapai penerbangan yang sesuai untuk melayani rute perjalanan yang sudah kamu pilih. Penerbangan dengan maskapai Lost Cost Carrier (LCC) cenderung menawarkan tiket pesawat yang terbilang murah terutama saat jarak pemesananan dengan waktu keberangkatan cukup jauh. Namun biasanya membebankan biaya untuk bagasi, pencetakan boarding pass atau pembayaran dengan kartu kredit.

Selain itu, harga penerbangan dengan Lost Cost Carrier (LCC), bisa saja meningkat drastis jika kamu melakukan pemesanan tiket tidak lama sebelum kamu ingin melakukan penerbangan. Maskapai Lost Cost Carrier (LCC) yang paling cepat mengalami pergantian harga adalan Lion Air, sehingga kamu disarankan untuk sering-sering memerhatikan harganya.

Berbeda dengan Lost Cost Carrier (LCC), terdapat maskapai Full-Service yang menganut sistem year-round face. Pada sistem ini dimana harga tiket maskapai ini tidak akan banyak berubah dan cenderung menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan maskapai Lost Cost Carrier (LCC) jika kamu membeli tiketnya di hari yang mendekati keberangkatanmu.

5. Booking Tiket Melalui Online Travel Agent

Perusahaan Online Travel Agent melakukan penjualan tiket pesawat setiap hari sehingga mendapatkan keuntungan yang mampu dikembalikan lagi kepada konsumen dalam bentuk potongan harga. Hingga saat ini, sudah semakin banyak Online Travel Agent yang dapat kamu gunakan.

Karena banyaknya Online Travel Agent tersebut, akhirnya pihak perusahaan melakukan persaingan yang ketat dengan berlomba-lomba menjadi yang terbaik melalui pelayanan ataupun harga yang pas yang akhirnya memberikan keuntungan berlebih kepada konsumen. Biasanya kamu juga akan mendapatkan tawaran potongan harga khusus apabila melakukan pemesanan melalui aplikasi dari Online Travel Agent tersebut.

Menggunakan aplikasi juga akan membuatmu dapat menikmati fitur ‘price alerts’. Fitur ini akan memberikan notifikasi mengenai harga dan waktu perjalanan yang cocok sesuai dengan budget yang sudah kamu sediakan. Online Travel Agent yang menggunakan fitur ‘price alerts’ adalah Skyscanner dan Traveloka.

6. Pelajari dan Benchmark Harga Terendah Maskapai

Kamu perlu merlakukan riset dan perbandingan harga dari maskapai yang kamu pilih saat sedang dalam mendapatkan promo ataupun tidak. Dari hasil riset yang telah kamu dapat, kamu perlu mengetahui dan memastikan harga yang ditawarkan merupakan harga terendah dari maskapai tersebut.

Setelah kamu sudah menemukan harga yang paling murah, kamu tidak perlu lagi berlama-lama melakukan pemesanan. Riset dan perbandingan harga ini dapat kamu lakukan dengan cara mengecek daftar harga di Online Travel Agent yang biasanya kamu gunakan.

Lihat Juga : Tips Cara Mencegah dan Menjaga Kesehatan Saat Traveling

7. Menjadi Anggota Milis Maskapai

Jika kamu sudah menjadi ‘langganan’ suatu maskapai penerbangan, kamu dapat mendaftarkan diri untuk keanggotaan frequent flyer. Setelah menjadi anggota, kamu bisa mendapatkan poin dan miles dimana jika sudah banyak terkumpul dapat ditukarkan dengan tiket pesawat gratis.

8. Mencari Informasi Maskapai

Mencari informasi maskapai bisa saja kamu lakukan dengan mempelajari tren maskapai, musim promo dan menemukan informasi-informasi lainnya. Kamu juga dapat mendaftarkan diri sebagai member dan berlangganan newsletter via email ataupun mengikuti media sosial (Facebook, Twitter atau Instagram) dari maskapai bersangkutan untuk update informasi mengenai tiket promo. Tidak jarang maskapai membagikan informasi atau pengumuman mengenai tiket promo melalui akun media sosialnya. Jangan sampai ketinggalan info, ya!

9. Pilih Penerbangan Transit

Jika kamu memiliki waktu yang cukup banyak, atau sedang tidak terburu-buru, kamu dapat memilih untuk melakukan penerbangan transit. Penerbangan transit dapat menghemat biaya perjalanan kamu karena cenderung lebih murah dibandingkan dengan tiket terusan (tanpa transit).

10. Menggunakan Maskapai yang Berbeda

Biasanya pemesanan tiket untuk perjalanan menggunakan transportasi pesawat dilakukan melalui satu maskapai,sekaligus baik untuk kepergian ataupun kepulangan. Namun kamu sebaiknya melakukan pemesanan dengan maskapai yang berbeda antara kepergian ataupun kepulangannya. Hal ini memang tidak praktis dan akan lebih merepotkan, namun dengan begini kamu akan mendapatkan tiket yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *