10 Tempat Liburan Murah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

z Raja Ampat

Bahagia nggak perlu mahal! Ya, dengan berkunjung ke tempat liburan murah di Indonesia. Kebahagiaan bisa didapatkan dengan mudah dengan mengunjungi wisata murah. Agar makin seru, jangan lupa untuk liburan bersama orang tercinta, baik keluarga atau teman dekatmu.

Pada dasarnya liburan menjadi suatu hal yang diperlukan agar Anda tidak stress. Tapi masih ada banyak orang yang beranggapan liburan itu butuh uang banyak. Siapa bilang liburan harus keluar uang banyak, atau bahkan membikin kantong kering?

Ingat, jangan jadikan liburanmu justru semakin membuatmu stress karena faktor biaya. Di bawah ini telah kami rangkumkan 10 tempat liburan murah di Indonesia yang tentu saja layak Anda kunjungi.

Tempat Liburan Murah di Jakarta.

1. Kebun Binatang Ragunan.

Alamat, jalan Harsono RM No 01, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan. Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan cuma Rp 4.000,00. Ada lebih dari 2 ribu jenis satwa di Kebun Binatang Ragunan.

2. Pasar Seni.

Alamat, Taman Impian Jaya Ancol, jalan Lodan Timur No 07, Pademangan, Jakarta Utara. Untuk ke Pasar Seni Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Di sini Anda bisa cuci mata lihat-lihat kerajinan tangan khas Indonesia.

3. Museum Fatahillah.

Alamat, jalan Taman Fatahillah No 01, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Tempat liburan murah di Indonesia tersebut menyajikan banyak sejarah Indonesia, khususnya Batavia.

4. Taman Suropati Jakarta.

Alamat, jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat 10310. Inilah tempat favorit anak muda menghabiskan waktu, sebab banyak spot menarik untuk duduk santai mengobrol.

5. Museum Nasional.

Alamat, jalan Medan Merdeka Barat No 12, Gambir, Jakarta Pusat 1011. Selain jalan-jalan, di tempat ini ilmu tentang sejarah pun pastinya bisa bertambah. Tiket masuk Museum Nasional hanya Rp 5.000,00.

6. Taman Proklamator.

Alamat, jalan Proklamasi No 56, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat 10320. Taman Proklamator menjadi tempat asyik untuk nongkrong dan selfie sama patung Bung Karno dan Bung Hatta.

Baca Juga : “Cara Menabung Untuk Jalan Jalan Ala Backpacker Ke Luar Negeri

7. Taman Situ Lembang.

Alamat, jalan Lembang Terusan No D-59, Menteng, Jakarta Pusat 12910. Menawarkan suasana yang asri dan banyak danau buatan pastinya semakin membuat liburanmu berkesan. Pas banget untuk liburan bareng keluarga atau sahabat dekat.

8. Planetarium Taman Ismail Marzuki.

Alamat, jalan Cikini Raya No 73, Menteng, Jakarta Pusat 10330. Di taman inilah Anda bisa merasakan pemandangan langit yang eksotis tanpa perlu menunggu malam tiba.

9. Situ Babakan.

Alamat, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ini adalah perkampungan khas Betawi, di tempat tersebut Anda bisa naik becak bebek dengan biaya sewa Rp 10.000,00.

10. Kota Tua.

Alamat, jalan Pintu Besar Utara No 27, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Dikenal sebagai pusat hiburan dan seni, di sini Anda juga bisa kulineran sembari menyaksikan bangunan bernilai artistik.

 

Tempat Liburan Murah di Bandung

1. Farm House Lembang.

Alamat, jalan Raya Lembang No 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat 40391. Tiket masuk Farm House Lembang sekitar Rp 20.000,00. Ini adalah tempat liburan murah di Indonesia yang hits banget.

2. Tebing Keraton.

Alamat, Kampung Ciharegem Puncak, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Harga tiket Tebing Keraton Rp 11.000,00. Ini adalah tempat ideal bagi yang suka fotografi untuk memotret alam Bandung yang indah.

3. The Lodge Maribaya Lembang.

Alamat, jalan Maribaya Timur Km 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Bandung Barat. Harga tiket The Lodge Maribaya Lembang Rp 20.000,00. Beberapa wahana di tempat tersebut antara lain wahana spot foto, sky tree, sky swing, dan zip bike.

4. Sanghyang Heulet.

Alamat, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat PLTA Saguling. Ini adalah danau kecil yang dikelilingi bebatuan yang sangat mempesona. Namun demikian, fasilitas di sini masih minim.

Baca Juga : “10 Tempat Wisata Sejarah Populer Yang Ada di Medan

5. Curug Dago.

Alamat, jalan Dago Pojok, Dago, Coblong, Bandung 40135. Inilah curug atau air terjun yang indah dan eksotis, cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun dan sekaligus melihat peninggalan sejarah kerajaan Thailand.

6. Jalan Asia Afrika.

Alamat, jalan Asia Afrika, Braga, Sumur Bandung. Tempat liburan murah di Indonesia tersebut dipenuhi bangunan tua yang keren. Menarik sekali dijadikan sebagai tempat hunting foto.

7. Taman Hutan Babakan Siliwangi.

Alamat, jalan Tamansari No 73, Lb. Siliwangi, Coblong. Di tempat inilah Anda bisa menikmati keindahan kota Bandung yang begitu mempesona, dengan hawa yang menyejukkan.

8. Taman Film.

Alamat, jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan. Sama seperti namanya, taman ini dibuat untuk Anda yang suka nobar gratis. Genre filmnya ada banyak sekali, mulai dari Hollywood, Korea, Indonesia, Bollywood, dan pertandingan bola.

9. Tebing Masigit.

Alamat, di kawasan Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, inilah tempat terbaik untuk menikmati indahnya alam kota Bandung. Biasanya pengunjung berfoto selfie dan berswafoto di atas hammock yang diikatkan diantara tebing.

10. Bukit Jamur Rancabolang.

Alamat, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung. Tempat ini memiliki pohon cemara unik yang berbentuk jamur. Buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00, di tempat tersebut Anda pastinya bisa puas foto-foto.

Health

Tempat Liburan Murah di Indonesia Dibanding ke Luar Negeri

1. Wasur.

Alamat, Sota, Merauke, Papua. Inilah tempat terbaik buat Anda yang ingin merasakan suasana alam layaknya Australia, Taman Kanguru. Di sini Anda bisa menemukan binatang kanguru yang menjadi ciri khas Australia.

2. Pantai Pink.

Alamat, Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83672. Panorama yang ditawarkan Pantai Pink tidak kalah indahnya seperti The Pink Sands Beach Harbour di Bahama.

Baca Juga : “Cara Memilih Kamera Untuk Traveling yang Bagus dan Simpel

3. Pantai Ora.

Alamat, Salemen, Seram Utara, Maluku Tengah. Pesona Pantai Ora bahkan mampu menandingi Maldives Beach di Maladewa. Dengan luasan hanya 298 km persegi, kecantikan pantai tersebut pastinya akan langsung menghipnotis Anda saat berkunjung.

4. Puncak Jayawijaya.

Alamat, Tembagapura, Mimika, Papua. Inilah satu-satunya gunung salju di Indonesia yang tidak kalah bagusnya dengan Mount Everest yang ada di Nepal. Puncak Jayawijaya dikenal dengan nama Carstensz Pyramid.

5. Raja Ampat.

Alamat, Papua Barat ini adalah pantai terindah di Indonesia yang memiliki air jernih berwarna biru kehijauan dengan ombak kecil. Bahkan pesonanya digadang-gadang mampu menandingi Phi Phi Island yang ada di Thailand.

6. Goa Gong.

Alamat, Salam, Bomo, Punung, Pacitan 603553. Gua satu ini menawarkan keindahan yang unik. Apabila ke Vietnam Anda bisa menyaksikan keindahan Phong Nha Cave, Indonesia juga punya goa yang tidak kalah indahnya, bahkan eksotismenya hampir mirip dengan goa di Vietnam tersebut, Goa Gong.

7. Brown Canyon.

Alamat, Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan keindahan lukisan batu di alam raya, layaknya di Grand Canyon yang ada di Amerika.

8. Sungai Maron.

Alamat, Maron, Dersono, Pringkuku, Pacitan 63552. Eksotisme sungai yang dikelilingi oleh tebing-tebing rimbun dan semak belukar layaknya Amazon River di Amerika Selatan juga bisa ditemukan di sini.

9. Gumuk Pasir.

Alamat, jalan Pantai Parangkusumo, Kretek, Parangtritis, Bantul, Jogja 55772. Inilah pantai yang mirip seperti Sahara di Afrika. Keindahan pasirnya mirip ombak di pantai, tentunya yang demikian akan membuat Anda takjub.

10. Candi Sukuh.

Alamat, Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, 57793. Ini adalah duplikat Chichen Itza yang ada di Meksiko. Oleh karenanya, tempat liburan murah di Indonesia tersebut wajib banget masuk dalam daftar liburanmu nanti.

 

Tempat Wisata yang Indah dan Murah di Indonesia

1. Danau Linow.

Alamat, Lahendong, Tomohon Selatan, kota Bunga, Sulawesi Utara. Di danau tersebut Anda bisa menyaksikan air yang berubah-ubah warnanya, mulai dari biru, tosca, dan hijau.

2. Danau Love.

Alamat, Atabar, Ebungfau, Jayapura, Papua 99359. Danau Love adalah danau unik yang berbentuk jantung hati, atau yang sering disebut Imfote.

3. Danau Ugo.

Alamat, Aur Gading, Batin XXIV, Batang Hari, Jambi 36656. Konon katanya, tempat ini menjadi tempat pemandian bidadari di zaman dulu. Airnya yang jernih sehingga kerap dimanfaatkan warga setempat untuk berbagai kebutuhan.

4. Kawasan Pura Batu Kursi.

Alamat, jalan Raya Pemuteran, Gerokgak, Buleleng, Bali 81155. Penampakan tempat ini seperti wilayah berbukti. Anda pastinya wajib banget datang sebelum menjadi tempat liburan murah mainstream.

5. Pantai Mbawana.

Alamat, Panengo Ede, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai berkarang satu ini memiliki tebing-tebing menjulang tinggi di sekitarnya. Pasirnya masih sangat putih, cocok disambangi saat liburan bareng keluarga atau teman.

6. Pulau Bokori.

Alamat, Konawe, Soropia. Ini adalah pulau emasnya Sulawesi Tenggara. Pulau Bokori dipercaya sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam yang berbentuk bulat sempurna.

7. Pulau Hatta.

Alamat, Banda, Maluku Tengah. Pulau Hatta dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang aduhai. Snorkeling dan diving di tempat ini Anda bisa menyaksikan beragam jenis biota laut yang memanjakan mata.

8. Pulau Kumala.

Alamat, jalan K. H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Kutai Kartanegara 75511. Ini adalah kawasan paling representatif yang bisa dikembangkan. Tempat tersebut kerap dijadikan lokasi wisata alternatif para pelancong yang datang ke Kukar atau Kutai Kertanegara.

Baca Juga : “Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling Jauh

9. Skywalk.

Alamat, jalan Cihampelas No 162, Cipaganti, Coblong, Bandung 40131. Berkunjung ke Skywalk Anda akan merasa seperti sedang berada di Singapura. Nggak percaya? Buktikan sendiri dengan datang ke Skywalk Bandung.

10. Taman Breksi.

Alamat, Unnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja 55572. Jika dulunya hanya sebuah bukit batu kapur, tetapi kini tempat tersebut disulap menjadi lokasi pertunjukkan outdoor. Dari sini Anda bisa melihat perbukitan yang indah.

Inforamsi & Wisata Sumatera silahkan kunjungi Tour Medan

Kunjungi terus Blog ini untuk terus memdapatkan informasi menarik seputar pariwisata domestik dan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *