Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling Jauh

smartphone

Di zaman modern ini, smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dibawa kemanapun dan kapanpun. Smartphone sangat penting digunakan karena mampu mengakses segala hal di dalamnya, seperti komunikasi, mencari informasi melalui internet hingga mencari alamat. Untuk kamu yang suka traveling, tentu kamu membutuhkan smartphone dengan daya atau baterai yang penuh agar perjalanan lancar. Namun, penggunaan secara berkala mampu membuat baterai dari smartphone cepat habis, apalagi saat sedang dalam perjalanan jauh yang sering menimbulkan rasa bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips cara menghemat baterai smartphone saat traveling jauh:

1. Mengatur Kecerahan (Brightness) Smartphone

Mengurangi kecerahan smartphone sangat berguna untuk menghemat baterai, karena semakin cerah layar dari smartphone maka baterai akan semakin cepat habis. Apalagi, konsumsi baterai paling banyak berasal dari kecerahan layar smartphone.

Jadi, sebisa mungkin gunakan kecerahan layar yang sesuai dengan kebutuhan ya! Selain itu, kamu juga dapat non-aktifkan pengaturan kecerahan layar otomatis. Karena jika fitur ini aktif, kecerahan layar dari smartphone kamu akan bertambah jika berada di luar ruangan.

Baca Juga : “Destinasi Terbaik Wisata Indonesia Timur yang Harus Dikunjungi

 

2. Menggunakan Wallpaper Gelap

Hindari menggunakan wallpaper yang memiliki cahaya yang kontras ataupun animasi (live wallpaper). Menggunakan kedua jenis wallpaper tersebut akan banyak menghabiskan baterai smartphone, sehingga kamu perlu menggantinya dengan wallpaper berwarna gelap. Beberapa smartphone juga sudah dilengkapi dengan fitur gelap (dark mode) sehingga cahaya yang dihasilkan tidak terlalu cerah.

 

3. Menyalakan Battery Saver

Dengan menyalakan Battery Saver, smartphone dapat dengan otomatis “menidurkan”/sleep aplikasi yang tidak digunakan, sehingga smartphone hanya bekerja saat sedang mengoperasikan aplikasi saja.

Jika fitur ini diaktifkan, smartphone secara otomatis akan menonaktifkan beberapa fitur seperti GPS, WiFi, NFC, Mobile Data dan yang lainnya jika kondisi baterai smartphone minim. Fitur ini bertujuan agar sisa baterai yang ada, dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

 

4. Menutup Aplikasi Secara Berkala

Setiap kali selesai menggunakan aplikasi, segera tutup aplikasi tersebut. Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan latar belakang dari aplikasi agar sistem kerja dari smartphone lebih ringan dan tidak menguras baterai.

 

5. Non-aktifkan fitur sinyal 4G

Menggunakan sinyal 4G menjadikan koneksi pada smartphone semakin cepat, namun mengonsumsi baterai yang lebih banyak. Sinyal 4G mungkin saja tidak dapat diakses di tempat-tempat tertentu, misalnya daerah pelosok atau terpencil.

Jika bepergian ke daerah pelosok, fitur sinyal 4G akan berusaha menemukan sinyal 4G. Hal tersebut menjadikan baterai smartphone semakin terkuras. Untuk mengatasinya, non-aktifkan fitur sinyal 4G dan beralih ke sinyal 3G, EDGE atau GPRS.

 

6. Aktifkan Fitur Silent

Biasanya, pengguna smartphone cenderung menyalakan nada dering diikuti dengan fitur getaran agar lebih mudah mengetahui pemberitahuan dari smartphone bersangkutan.

Kedua fitur nada dering tersebut, baik suara ataupun getar mampu menguras baterai yang banyak. Maka dari itu, jika dalam perjalanan jauh, sebaiknya kamu mengubah nada dering menjadi silent agar lebih menghemat baterai.

Baca Juga : “Tempat Family Gathering di Medan Untuk Perusahaan dan Umum

 

7. Hindari Menggunakan Aplikasi Berat

Saat sedang menempuh perjalanan travelling yang jauh, hindari menggunakan aplikasi-aplikasi yang berat seperti game, youtube, ataupun yang lainnya. Jika menggunakan aplikasi berat, smartphone akan menjalankan proses di dalam mesin dan layarnya, sehingga akan semakin cepat menguras baterai.

Sebaiknya, pilih alternatif lain untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan, seperti mendengarkan musik. Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekitarmu agar perjalanan semakin menyenangkan.

 

8. Aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Mode Pesawat berfungsi untuk menghentikan pencarian sinyal pada smartphone, dimana jika terus-terusan melakukan pencarian sinyal, baterai smartphone akan semakin cepat habis. Selain menguras baterai, pencarian sinyal secara berkala juga dapat merusak mesin dari smartphone kamu.

Mengaktifkan mode pesawat saat sedang dalam perjalan jauh merupakan pilihan terbaik untuk menghemat baterai, karena kamu tetap dapat menggunakan aplikasi lainnya (seperti pemutar musik, pemutar video) walau tanpa menggunakan sinyal.

 

9. Aktifkan Fitur Sleep Mode

Sleep Mode berfungsi untuk memudahkan kamu untuk menonaktifkan fitur yang membuat smartphone boros baterai seperti akses internet. Jika fitur ini diaktifkan, maka akses internet akan dinonaktifkan secara otomatis ketika sudah tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

 

10. Nonaktifkan Smartphone Jika Tidak Dibutuhkan

Jika tidak dibutuhkan, sebaiknya nonaktifkan smartphone-mu agar tidak terjadi pengurasan baterai. Misalnya, saat kamu ingin tidur di perjalanan, atau ingin berbincang dengan orang-orang di sekitar. Nikmati perjalananmu tanpa terlalu sering menggunakan smartphone.

 

11. Non-aktifkan GPS, Wi-Fi dan Bluetooth

Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur Battery Saver atau Sleep Mode yang memungkinkan menonkatifkan GPS, Wi-Fi ataupun Bluetooth secara otomatis, kamu dapat menonaktifkannya satu persatu secara manual melalui pengaturan smartphone-mu. Ketiga fitur tersebut akan mengonsumsi baterai yang cukup besar jika diaktifkan namun tidak digunakan.

 

12. Kumpulkan Aplikasi dalam Satu Folder

Mengumpulkan aplikasi dalam satu folder menjadikan wallpaper lebih sederhana, tidak terlalu banyak aplikasi di halaman depan smartphone. Semakin banyak aplikasi yang terdapat di halaman depan smartphone menjadikan semakin banyak baterai yang digunakan.

Baca Juga : “Tempat Wisata Religi Berbagai Agama di Kota Medan

 

13. Copot Pemasangan Aplikasi Penghemat Baterai

Menggunakan aplikasi penghemat baterai tidak begitu berguna, malah akan menjadikan penggunaan baterai yang semakin boros.

Penghematan baterai tidak bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai karena aplikasi ini hanya berfungsi untuk menonaktifkan beberapa fitur yang paling banyak menggunakan baterai.

 

14. Copot Pemasangan Apps Optimizer

Penggunaan Apps Optimizer sama dengan aplikasi penghemat baterai, dimana aplikasi ini tidak terlalu berfungsi secara signifikan. Berbicara soal spesifikasi, setiap smartphone memiliki processor dan memory dengan performa yang berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Meskipun menggunakan Apps Optimizer, tidak menjadikan smartphone kamu lebih optimal, karena aplikasi ini hanya akan memakan memory dan penggunaan baterai yang berlebihan pada smartphone-mu.

 

15. Hindari Refresh Smartphone Berulang Kali

Saat melakukan refresh pada smartphone, smartphone akan melakukan update sehingga membuat baterai cepat habis. Jika smartphone-mu belum memerlukan update, maka jangan melakukan refresh agar kondisi baterai tetap terjaga.

Baca Juga : “Jenis jenis Pesawat Terbang Mulai Dari Jet, Komersil, Airbus

 

16. Hapus atau Matikan Update Aplikasi yang Tidak Penting

Aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan, sebaiknya dimatikan atau dicopot pemasangannya. Karena banyaknya aplikasi yang terpasang di smartphone juga sangat berpengaruh kepada keadaan baterai,

dimana semakin banyak aplikasi yang terpasang maka semakin boros penggunaan baterai pada smartphone tersebut, begitu juga sebaliknya. Dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting, maka kinerja smartphone akan lebih ringan.

17. Mengatur Waktu Time Out Layar Hingga 15 Detik

Selain beberapa hal di atas, kamu dapat mengatur waktu stand by pada smartphone kamu mulai dari waktu paling singkat hingga waktu paling lama. Dalam hal ini, kamu disarankan untuk mengatur durasi time out hingga 15-30 detik, agar saat tidak digunakan lagi, layar smartphone akan mati secara otomatis.

Nah, buat kamu travelers yang ingin menikmati perjalanan jauh, beberapa tips di atas dapat kamu gunakan untuk menghemat daya baterai dari smartphone­-mu.

3 thoughts on “Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling Jauh

  1. Pingback:10 Tempat Liburan Murah di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

  2. Pingback:Festival Budaya Indonesia yang Menarik Bagi Dunia

  3. Pingback:Objek Wisata Pulau Nias yang Wajib Anda Kunjungi 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *